Profil Lulusan

Menurut SK Menteri Sosial RI No. 87/HUK/2003, tanggal 13 Nopember 2003, tentang Pengembangan Profesi Pekerjaan Sosial di Indonesia, profil lulusan prodi kessos memiliki kompetensi dalam strategi intervensi langsung dan tidak langsung. Adapun kompetensi dalam strategi intervensi langsung, meliputi:

Membantu individu, keluarga, kelompok, organisasi dan masyarakat untuk mencegah timbulnya permasalah social yang mereka alami.

  1. Membantu perseorangan, kelompok atau komunitas dalam menggali, mengerahkan dan mengarahkan nilai-nilai dan sumber (resources).
  2. Memelihara dan memperkuat potensi perseorangan, kelompok atau komunitas, yaitu kesadaran social, tanggung jawab social, kepedulian social dan kesetiakawanan social masyarakat.
  3. Membantu perseorangan, kelompok atau masyarakat dalam mengatasi atau memecahkan permasalahan social yang dihadapinya serta memulihkan dan memperkuat keberfungsian sosialnya.
  4. Mendorong, meingkatkan, mengembangkan, dan mengorganisasikan prakarsa dan peran serta masyarakat dalam pelayanan dan pembangunan kesejahteraan social pada khususnya dan kegiatan-kegiatan pembangunan pada umumnya.

Sedangkan kompetensi tidak langsung yang akan dimiliki oleh lulusan prodi kessos adalah sebagai berikut:

  1. Mengawasi, mengelola, mengadministrasikan kegiatan dan lembaga pelayanan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun masyarakat.
  2. Melaksanakan  penelitian dan pengembangan di bidang kesejahteraan sosial.
  3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan professional pekerjaan sosial.
  4. Menganalisis dan merumuskan rancangan kebijakan dan menyusun rencana program kesejahteraan sosial

Berperan serta dalam tim multidisipliner dan multisektor dalam prumusan kebijakan dan perencananan pembangunan nasional atau daerah.

Iklan
%d blogger menyukai ini: